√ PENGENALAN KOMPUTER #03 - Sejarah Komputer dan Perkembangannya

Sejarah Komputer dan Perkembangannya - Pada pengenalan komputer part ke-3 ini kita akan belajar sejarah komputer dan perkembangannya. Setelah pada artikel tips cara belajar part ke-1 kita sudah tahu modal awal/modal utama dalam belajar, dan pada part ke-2 nya juga kita sudah belajar cara berpikir terstruktur mudah-mudahan temen-temen dapat belajar dengan lebih mudah lagi dan pada pengenalan komputer part ke-2 juga kita sudah belajar arti/definisi dari teknologi

Sekarang kita akan mulai membahas secara spesifik apa itu komputer. Mungkin ada yang bertanya-tanya kenapa ko belajar sejarah lagi, sebelumnya juga belajar sejarah sekarang sejarah lagi, kita kan mau belajar komputer bukan sejarah hahaha.... sabar cuy kan presiden RI pertama kita pernah bilang JASMERAH (Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah), tapi mungkin maksudnya sejarah indonesia kali ya...

Tapi tidak apa-apa dengan kita belajar sejarah komputer kita akan jauh lebih mengenal apa komputer itu sendiri ya kan? dan ingat pepatah bilang, tak kenal maka tak sayang hahaha... tapi disini juga tidak hanya belajar soal sejarahnya saja tapi juga pengertian komputer, generasi-generasi komputer, dan tentu saja sejarahnya. Ok kita mulai dari pengertian komputer.

Pengertian Komputer

Komputer merupakan sebuah alat untuk mengolah data yang telah diprogram oleh programmer (orang yang membuat program/aplikasi pada komputer) yang sangat membantu dan mempermudah kita sebagai user (pengguna) dalam menyelesaikan perkerjaan dan juga sangat berguna untuk aktivitas kita sehari-hari. Komputer merupakan salah satu dari teknologi, teknologi apa? yaitu teknologi informasi dan komunikasi.

Ya mungkin temen-temen masih ingat disekolah waktu SMP atau SMA ada mata pelajaran yaitu TIK/TIKOM (Teknologi Informasi dan Komunikasi), kenapa mata pelajarannya dinamai seperti itu? sekarang temen-temen sudah tahu tentunya.

Komputer juga dapat didefinisikan sebagai sebuah perangkat elektronik yang sebenarnya terdiri dari beberapa bagian yang saling berkaitan/terhubung antara satu dengan yang lainnya sebagai satu kesatuan unit yang sudah terprogram dan tidak dapat dipisahkan. Bagian-bagian itu terdiri dari Monitor, CPU, Keyboard, Mouse, dan Printer (sebagai pelengkap).

Secara bahasa, komputer berasal dari bahasa yunani, yaitu computare. Com yang artinya menggabungkan dan putare yang artinya memikirkan perhitungan. Dalam bahasa inggris komputer disebut dengan to compute yang artinya menghitung. Kenapa secara bahasa kok artinya terkait hitung menghitung? ya memang prinsip kerja komputer secara mendasar memang soal hitung-menghitung atau kalkulasi.

Fungsi Komputer

Kalau temen-temen ditanya apa fungsi komputer? mungkin temen-temen pikir fungsi komputer ya bisa untuk main game, untuk internetan, untuk membuat surat, membuat laporan, untuk desain, dll. Tidak, itu bukan fungsi komputer itu mungkin kegunaan-kegunaan dari komputer. Kalau fungsi komputer itu ada 4 poin yaitu menerima input, memproses input, menyimpan input, kemudian menampilkan output.

Sejarah Perkembangan Komputer

Sejarah Komputer Dari Generasi Ke Generasi - Komputer itu terbagi menjadi beberapa generasi, mulai dari generasi pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya sampai sekarang. Kita akan bahas semuanya satu per satu dan berurutan, tapi kita ambil garis besarnya saja atau yang penting-pentingnya saja.

Generasi Pertama (1946-1959)


Generasi pertama komputer disebut Electronic Numerical Integrator and Calculator (ENIAC). Komputer ini berukuran besar yang membutuhkan ruang sebesar 500 m2. Komponen ENIAC terdiri dari 18.000 tabung hampa hatiku eh hampa udara maksudnya hahaha... kemudian 75.000 relay dan saklar, 10.000 kapasitor dan 70.000 resistor. Jadi komputer ini kurang lebih besarnya seukuran kamar. Kebayang tidak temen-temen, kalau kita bandingkan komputer sekarang yang sudah bisa kita bawa-bawa bahkan sudah ada di saku kita. Ok lanjut.

Instruksi/programnya dibuat secara spesifik untuk setiap tugas tertentu, dan setiap komputer memiliki instruksi/program berupa kode-biner. Untuk bahasa pemrogramannya istilahnya kalau sekarang itu, komputer ini menggunakan Machine Language (Bahasa Mesin).  Machine Language (Bahasa Mesin) ini adalah bahasa pemrograman pertama yang masih berupa angka-angka 0 dan 1 saja atau kode-biner, bahasa pemrograman ini sangat rumit dan sulit untuk digunakan.  

Generasi Kedua (1959-1964)


Pada komputer generasi kedua ini sudah mulai ada perubahan-perubahan ataupun perkembangan, mulai dari kabel-kabel sudah tidak seriweh pada generasi pertama, kemudian relay dan saklarnya juga, dan yang paling berkembang pada komputer generasi kedua ini adalah adanya penemuan transistor dengan ukuran yang sangat kecil pada waktu itu tapi dapat memaksimalkan kerja komputer. 

Dan transistor ini adalah salah satu komponen yang menjadi cikal bakal terciptanya processor. Teknologi baru ini diaplikasikan ke dalam super komputer yang dibuat oleh IBM yaitu Stretch, dan komputer yang dibuat oleh Sprery-Rand yaitu LARC.

Bahasa pemrogramannya juga telah mengalami perkembangan yang sebelumnya menggunakan bahasa mesin, pada generasi kedua ini telah berganti menggunakan bahasa assembly, yaitu bahasa yang menggunakan singkatan sebagai pengganti kode biner. Lalu mulai bermunculan bahasa pemrograman seperti Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN).

Komputer generasi kedua ini juga sudah bisa diasosiasikan dengan printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program. 

Contoh dari komputer generasi kedua ini seperti IBM 7094 series, IBM 1400 series and CDC 164 dll.

Generasi Ketiga (1964-1970)

Sejarah Komputer Generasi Ketiga IBM 360 System

Transistor pada generasi kedua membuat komputer menjadi lebih cepat panas, sehingga ditemukanlah komponen pengganti untuk mengatasi kekurangan transistor tersebut, yaitu IC (Integrated Circuit). IC adalah sebuah chip kecil yang terdiri dari beberapa komponen yang telah digabung menjadi satu.

Pada generasi ketiga ini satu IC bisa menampung 6 transistor. IC menjadi ciri utama dari komputer generasi ketiga ini, bahkan sampai saat ini masih digunakan. Karena ukuran IC ini kecil maka ukuran komputer generasi ketiga ini pun lebih kecil dibanding generasi sebelumnya. Contoh dari komputer generasi ketiga ini seperti IBM 370, IBM System/360,UNIVAC 1108 and UNIVAC AC 9000 dll.

Generasi Keempat (1979-2000an)


Komputer generasi keempat merupakan regenerasi dari komputer generasi ketiga, perbedaannya adalah IC pada generasi keempat ini lebih kompleks dan lebih terintegrasi daripada generasi ketiga.

Perkembangan yang signifikan terjadi pada IC, yang sebelumnya hanya menampung 6 transistor dalam satu chip, namun pada generasi keempat ini satu chip dapat menampung lebih banyak komponen dengan penggunaan Large Scale Integration (LSI) maka dalam satu chip dapat menampung ratusan komponen.

Lalu dikembangkan lagi dengan penggunaan Very  Large Scale Integration (VLSI) yang dapat menampung ribuan komponen dalam satu chip. Kemudian berkembang lagi menjadi Ultra  Large Scale Integration (ULSI) yang dapat menampung lebih banyak lagi yaitu jutaan komponen dalam satu chip. Kemudian dikembangkan lagi hingga menjadi microprocessor.

Dengan chip yang berukuran setengah keping uang logam yang mampu menampung banyak komponen sehingga membuat turunnya harga komputer dan semakin mengecil ukurannya. Perusahaan Intel membuat microprocessor pertama dengan kode name 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan control input/output) dalam sebuah chip dengan ukuran yang sangat kecil. Contoh dari komputer generasi keempat ini seperti Apple Macintosh & IBM PC.

Sebelumnya komputer hanya dipakai oleh perusahaan-perusahaan besar dan lembaga pemerintah, dengan ukuran yang semakin mengecil dan harganya yang turun sehingga komputer mulai dipasarkan ke sektor perorangan dan muncul lah istilah PC (Personal Computer), namun PC (Personal Computer) ini hanya bisa digunakan/dioperasikan di mana PC tersebut diletakkan karena perangkatnya yang terpisah-pisah dan ukurannya yang masih cukup besar sehingga sulit untuk dibawa kemana-mana, karena itu PC juga biasa disebut Desktop (di atas meja). Sampai kemudian berevolusi dan berubah bentuk menjadi komputer yang pereangkatnya digabung menjadi satu dan ukurannya disesuaikan sehingga dapat dibawa kemana-mana dan dapat digunakan dalam pangkuan kita yaitu Laptop (di atas pangkuan).

Generasi Kelima (Sekarang)


Komputer generasi kelima atau komputer era sekarang, komputer ini menjadi komputer generasi masa depan yang sudah dikembangkan oleh banyak perusahaan besar sehingga mengalami perkembangan yang sangat cepat bahkan setiap tahun selalu mengalami pembaruan.

Tentu saja perkembangan pada komputer generasi kelima ini juga terjadi pada microprocessor dan juga komponen-komponen pendukungnya yang semakin mengecil dan mengecil ukurannya sehingga komputer mengalami perkembangan serupa dari segi bentuk dan ukuran yang juga semakin mengecil.

Di atas kita sudah membahas bahwa komputer ada yang disebut PC/Desktop, yang perangkatnya terpisah-pisah dan ukurannya besar sehingga tidak dapat dibawa kemana-mana dan juga ada komputer yang disebut Laptop yang perangkatnya tidak terpisah-pisah dan digabung menjadi satu dengan ukuran yang lebih kecil daripada PC sehingga dapat dibawa kemana-mana.

Tidak sampai di situ, setelah Laptop ukuran komputer terus dibuat semakin mengecil seperti Notebook yang dibuat dengan ukuran lebih kecil daripada laptop karena seperti namanya Notebook atau buku catatan yang memang ditujukan agar lebih mudah untuk dimasukkan ke dalam tas dan lebih ringan untuk dibawa kemana-mana, namun kinerja Notebook hampir sama dengan Laptop ataupun PC/Desktop.

Kemudian setelah Notebook ada yang namanya Netbook yang tentu saja ukurannya dibuat lebih kecil daripada Notebook. Kinerja Netbook tidak sama dengan Notebook karena Netbook hanya ditujukan untuk penggunaan komputasi dasar dan browsing-browsing di internet.

Karena Netbook kinerjanya tidak sama dengan Notebook, maka dibuatlah yang namanya Ultrabook yang ukurannya sama dengan Netbook yang ringan dan juga tipis, akan tetapi kinerjanya sama dengan Notebook.

Masih terus berlanjut inovasi dalam hal ukuran dan juga bentuk komputer perusahaan apple membuat sebuah perangkat yang disebut ipad atau juga disebut tablet. 

Setelah tablet komputerpun dibuat semakin kecil lagi akhirnya telepon genggam atau handphone yang biasa kita pakai untuk nelpon dan juga kirim sms diubah menjadi smartphone yang mempunyai fitur hampir menyerupai komputer.

Dan pada komputer generasi sekarang ini juga telah tercipta sebuah inovasi yang disebut AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan yang dapat menerjemahkan bahasa manusia sehingga manusia dapat berbicara langsung dengan komputer, contohnya di microsoft windows 10 ada Cortana, di Apple dan Ipad ada Siri, dan Google pun punya yaitu Google Assistant yang bahkan bisa ngegombal hahaha...

Entah perkembangan apa lagi yang akan terjadi dengan teknologi terkhusus pada teknologi komputer kedepannya. Mungkin beberapa tahun atau beberapa puluh tahun kedepan saya mungkin saja akan memperbarui/menambahkan list generasi komputer pada artikel ini dengan komputer generasi keenam.

Kesimpulan

Jadi komputer itu adalah sebuah alat yang sangat membantu dan memudahkan kita baik dalam pekerjaan maupun untuk kehidupan kita sehari-hari.

Di atas, kita sudah membahas pengertian komputer, fungsi komputer, dan perkembangan komputer dari generasi ke generasi. Demikian Sejarah Komputer dan Perkembangannya semoga bermanfaat.

Untuk selanjutnya kita akan membahas lebih dalam tentang komputer. Komponen yang harus ada pada komputer dibagi 3 yaitu ada hardware, software, dan brainware. Lalu apa itu hardware, software, dan brainware? kita akan bahas di artikel selanjutnya. Silahkan klik Next di bawah.
Artikel Terkait
Show comments
Hide comments

Tidak ada komentar:

√ Centang kotak Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar
√ Jika ingin menulis kode maka harus di-parse terlebih dahulu terutama untuk HTML dan Javascript (agar kode-kode semacam < akan berubah menjadi enitiy &lt;)
√ Tulis kode yang pendek di dalam tag <i>
Contoh:
<i>&lt;div class=&#039;comment-form&#039;&gt;&lt;/div&gt;</i>Hasil: <div class='comment-form'></div>
√ Tulis kode yang panjang atau URL di dalam tag <em>
Contoh:
<em>
&lt;div class=&#039;comment-form&#039;&gt;
&lt;div class=&#039;commentbox&#039;&gt;
&lt;/div&gt;
&lt;/div&gt;
</em>
Hasil:
<div class='comment-form'>
<div class='commentbox'>
</div>
</div>