√ PENGENALAN KOMPUTER #04 - Apa Itu Hardware?

Hardware Computer Motherboard

Apa Itu Hardware - Pada pengenalan komputer part ke-4 kali ini kita akan membahas salah satu komponen dari 3 komponen dasar yang ada pada komputer yaitu Hardware. Apa pengertian hardware? oke langsung saja kita mulai.

Pengertian Hardware

Apa itu hardware? Hardware/perangkat keras yaitu adalah komponen fisik dari sebuah komputer yang dapat kita sentuh secara langsung dan memiliki fungsinya masing-masing yang bekerja satu sama lain dalam sebuah rangkaian yang disebut komputer.

Jenis hardware ada bermacam-macam, tapi berdasarkan fungsinya dapat kita klasifikasikan menjadi 5 yaitu :

1. Perangkat Masukkan (Input Devices)

Perangkat ini berfungsi untuk menerima input / perintah dari kita sebagai pengguna yang juga dapat disebut brainware.

Beberapa contohnya yaitu :

Keyboard ; perangkat ini bentuk fisiknya persegi panjang yang memiliki tombol-tombol berupa huruf, angka, dan simbol-simbol, dan berfungsi untuk memasukkan huruf, angka dan simbol-simbol tersebut kedalam komputer

Mouse ; perangkat ini bentuk fisiknya yaitu seukuran genggaman tangan, dan berfungsi untuk menggerakkan kursor pada layar komputer dan memilih menu-menu yang tampil dilayar komputer.

Microphone ; perangkat ini berfungsi untuk menerima masukkan berupa suara.

Scanner ; perangkat ini bentuk fisiknya yaitu persegi panjang yang didalamnya terdapat kaca bening dan penutup diatasnya, kurang lebih seperti mesin fotocopy namun dalam ukuran kecil, yang berfungsi untuk menscan foto, tulisan, atau apapun yang berada pada media kertas yang telah di scan.

Webcam ; perangkat ini semacam lensa kamera yang berfungsi untuk menangkap gambar atau merekam video

Gamepad/Joystik/Controller ; yang pernah main game playstation pasti tahu, ya perangkat ini fungsinya untuk mengontrol suatu game atau permainan di komputer

2. Perangkat Pemrosesan (Process Devices)

Perangkat ini berfungsi mengolah data atau informasi yang telah dimasukkan ke dalam komputer.

Beberapa contohnya yaitu :

CPU (Central Processing Unit) ; perangkat ini merupakan otak dari sebuah komputer, yang berfungsi untuk mengolah data-data atau intruksi-intruksi sehingga dapat menghasilkan output.

VGA (Video Graphic Array)/GPU (Graphics Processing Unit; perangkat ini berfungsi untuk mengolah data grafis atau visual yang kemudian ditampilkan ke layar komputer.

RAM (Random Access Memory) ; perangkat ini berfugsi untuk menyimpan data sementara dan instruksi-intruksi dari CPU. RAM ini sangat mempengaruhi kecepatan akses komputer, dan besar kecilnya RAM juga dapat mempengaruhi banyak sedikitnya komputer dapat membuka aplikasi secara sekaligus atau multitasking.

3. Perangkat Penyimpanan (Storage Devices)

Perangkat ini berfungsi untuk menyimpan informasi, data-data atau file-file berupa dokumen, gambar, video, audio, dll.

Beberapa contohnya yaitu :

ODD (Optical Disk Drive) ; perangkat penyimpanan yang satu ini adalah perangkat penyimpanan yang proses baca/tulisnya menggunakan media laser dan media penyimpanannya berupa CD (Compact Disk), VCD (Video Compact Disk) atau DVD (Digital Versatile Disk).

USB Flash Drive/Flashdisk ; perangkat penyimpanan ini berukuran kecil dan dapat dibawa kemana-kemana. Biasanya digunakan untuk memindahkan data dari suatu komputer ke perangkat lainnya. Tapi perlu temen-temen ketahui penyebutan nama flashdisk sebenarnya kurang tepat, karena metode penyimpanannya menggunakan memory chip bukan menggunakan disk/piringan. Karena di indonesia itu sudah menjadi sebuah istilah, jadi walaupun secara bahasa kurang tepat tapi sah-sah saja menyebutnya dengan sebutan flashdisk.

HDD (Hard Disk Drive; perangkat penyimpanan ini harus ada pada sebuah komputer karena selain berfugsi untuk menyimpan data-data media, tapi juga berfungsi untuk menyimpan sistem operasi yang terinstall pada komputer. Harddisk ada yang berada di dalam komputer disebut harddisk internal, dan ada yang berada diluar komputer disebut harddisk eksternal.

SSD (Solid State Drive; dalam menyimpan data-data perangkat penyimpanan ini merupakan generasi baru. Kecepatannya juga jauh lebih cepat daripada harddisk karena media penyimpanannya menggunakan teknologi flash memory yang di mana sudah tidak lagi menggunakan komponen bergerak seperti disk/piringan. Ukuran SSD juga menjadi lebih kecil/tipis daripada harddisk.

SSHD (Solid State Hybrid Drive; perangkat penyimpanan ini menggunakan metode penyimpanan hybrid, di mana menyatukan media penyimpanan milik harddisk berupa disk/piringan dengan media penyimpanan milik SSD yaitu flash memory. Bagaimana kecepatannya kalau dibandingkan dengan hardisk atau SSD? Jawabannya adalah SSHD ini kecepatannya lebih cepat daripada harddisk tapi lebih lambat kalau dibandingkan dengan SSD. Jadi kecepatannya berada di tengah antara harddisk dan SSD. 

4. Perangkat Keluaran (Output Devices)

Perangkat ini berfungsi menghasilkan keluaran berupa gambar, suara, ataupun hasil cetakan (hardcopy) dll.

Beberapa contohnya yaitu :

Monitor ; perangkat ini bentuk fisiknya kurang lebih seperti TV, dan berfungsi menampilkan visual/grafis dari sebuah komputer.

Proyektor ; perangkat ini fungsinya kurang lebih sama seperti monitor yaitu untuk menampilkan visual/grafis dari sebuah komputer, namun pada proyektor kita dapat mengatur besar kecilnya ukuran layar.

Speaker ; perangkat ini berfungsi mengeluarkan output berupa suara atau audio.

Printer ; perangkat ini berfungsi mencetak dokumen, foto/gambar yang ada di dalam komputer.

5. Perangkat Tambahan (Periferal)

Perangkat ini berfungsi untuk meningkatkan kegunaan komputer.

Contohnya seperti modem yang berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet.

Kesimpulan

Jadi Apa Itu Hardware? Hardware atau perangkat keras adalah merupakan perangkat-perangkat fisik dari sebuah komputer.

Ada 3 proses utama yang bekerja pada semua jenis komputer yaitu Input => Process => Output. Jadi dari sekian banyak jenis hardware yang paling utama adalah 3 yaitu input devices => process devices => output devices.

Input devices contohnya seperti mouse dan keyboard, process devices contohnya seperti CPU dan bagian-bagian didalamnya, kemudian untuk output devices contohnya adalah Monitor. 

Mengapa ketiga jenis hardware tersebut menjadi hardware utama? karena tanpa adanya salah satu dari hardware tersebut dapat menyebabkan komputer tidak dapat dioperasikan/digunakan.

Untuk selanjutnya kita akan membahas tentang Software. Komponen yang tak kalah penting setelah Hardware, lalu apa itu Software? kita akan bahas di artikel selanjutnya. Silahkan klik Next di bawah.
Artikel Terkait
Show comments
Hide comments

Tidak ada komentar:

√ Centang kotak Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar
√ Jika ingin menulis kode maka harus di-parse terlebih dahulu terutama untuk HTML dan Javascript (agar kode-kode semacam < akan berubah menjadi enitiy &lt;)
√ Tulis kode yang pendek di dalam tag <i>
Contoh:
<i>&lt;div class=&#039;comment-form&#039;&gt;&lt;/div&gt;</i>Hasil: <div class='comment-form'></div>
√ Tulis kode yang panjang atau URL di dalam tag <em>
Contoh:
<em>
&lt;div class=&#039;comment-form&#039;&gt;
&lt;div class=&#039;commentbox&#039;&gt;
&lt;/div&gt;
&lt;/div&gt;
</em>
Hasil:
<div class='comment-form'>
<div class='commentbox'>
</div>
</div>