√ PENGENALAN KOMPUTER #01 - Intro

PENGENALAN KOMPUTER #01 - Intro

Setelah Sebelumnya kita sudah membekali diri dengan beberapa tips belajar supaya efektif mulai dari 7 tips belajar efektif sampai cara berpikir terstruktur. Pada kesempatan kali ini kita mulai dengan intro atau membahas gambaran besarnya terlebih dahulu sebelum kita mulai ke pembahasan belajar komputer dasar yang sebenarnya. 

Komputer Merupakan Alat Yang Sangat Membantu Dalam Berbagai Hal

Perlu temen-temen ketahui komputer adalah sebuah alat yang sangat membantu sekali dalam berbagai macam hal. Apalagi di jaman sekarang yang serba digital ini, sebenarnya sebelum jaman atau eranya socmed dan era serba digital seperti sekarang ini pun komputer  memang sudah sangat-sangat berguna untuk membantu segala macam keperluan dan perkerjaan banyak orang.

Namun pada era sekarang ini ketika saya menulis artikel ini telah terjadi pandemi wabah covid 19 yang melanda seluruh dunia, kita yang harus menjaga jarak dan mengurangi interaksi secara langsung dengan banyak orang. Disitulah teknologi komputer khususnya internet menjadi sebuah solusi untuk kita agar bisa melakukan interaksi ataupun komunikasi satu sama lain dengan berbagai macam software atau aplikasi chat ataupun video call yang dapat menampilkan visual atau gambar kita antara satu sama lain.

Tidak hanya dalam hal berkomunikasi, namun dalam berbagai hal kita dituntut untuk melakukannya secara online/daring. Seperti sekolah-sekolah yang harus melangsungkan proses belajar mengajar dengan cara online/daring, walaupun banyak kekurangan bila dibandingkan dengan belajar secara langsung tapi teknologi menjadi sebuah solusi alternatif.

Masih banyak sekali kegiatan yang menggunakan komputer dan juga smartphone yang terhubung/terkoneksi dengan internet, bukan hanya dalam berkomunikasi ataupun proses belajar mengajar seperti yang sudah disebutkan tadi, masih ada lagi seperti berbelanja melalui online shop, pelayanan-pelayanan publik, pelayanan perbankan, pelayanan konsultasi medis, sampai nonton film pun karena tidak bisa ke bioskop untuk menjaga agar tidak ada kerumunan dan terjadinya penularan virus, dan lain-lainnya.

Komputer Berguna Dalam Berbagai Bidang

Komputer banyak digunakan dalam berbagai bidang, di atas sudah disebutkan seperti dalam bidang inforamasi dan komunikasi, kita bisa mendapatkan informasi terbaru melalui internet atau berita-berita online atau bahkan bisa melalui socmed. Untuk berkomunikasi kita bisa menggunakan fitur chat, telepon, video call, email dan semacamnya.

Kemudian dalam bidang pendidikan, seperti disebutkan juga di atas kita bisa belajar via online/daring. Sebenarnya sebelum ada pandemi covid 19 pun sudah ada konsep belajar seperti ini yaitu disebut e-learning. Sudah banyak penyedia layanan belajar melalui online ini.

Kemudian misalnya dalam bidang bisnis dan ekonomi, sudah banyak bank-bank yang mempunyai fitur seperti mobile banking dan juga internet banking yang semuanya harus menggunakan jaringan internet. Masih banyak bidang lagi yang mungkin tidak bisa saya sebutkan semua, tapi saya sebutkan lagi yang terakhir, masih dalam bidang bisnis dan ekonomi yaitu dalam bidang industri kreatif.

Pada blog AMI STUDIO dan juga youtube channel AMI STUDIO ini, saya akan membahas seputar penggunaan komputer dalam ruang lingkup industri kreatif. Saya bukan mau mengajarkan tapi bisa disebut mengajarkan juga sih tapi kita ubah lah bahasanya, saya cuma ingin sharing kepada temen-temen semua bukan maksud ingin mengajarkan karena saya juga ya masih belajar, masih newbie, saya bukan expert, saya cuma ya bisa dibilang rata-rata lah, rata-rata 9 dari 10 nilainya, bagus berarti ya hahaha gak ilmu saya rata-rata lah kalau yang hebat itu harus di atas rata-rata.

Saya membuat blog dan juga youtube channel AMI STUDIO ini tujuannya adalah pertama yaitu untuk dokumentasi saya sendiri agar disaat saya lupa saya bisa lihat-lihat lagi ke blog ataupun ke youtube saya sendiri. Kedua yaitu untuk sharing kepada temen-temen semua yang barang kali bisa menjadikan blog ataupun channel youtube saya sebagai salah satu sumber referensi dalam belajarnya temen-temen semua begitu.

Yang ketiga ya buat nyari penghasilan alias duit hehe, siapa yang tidak butuh duit ya kan. Harusnya saya taruh di urutan pertama ini ya hehe tapi mencari penghasilan atau duit itu tidak salah asalkan caranya benar dan itu bukan hanya menjadi satu-satunya tujuan. Makannya saya taruh ini di urutan ketiga agar saya ingat bahwa duit itu bukan tujuan satu-satunya walaupun dalam hati manusia sesungguhnya duit itu akan selalu menjadi tujuan nomor satu asiap quotable sekali ya hahaha. Kembali ke industri kreatif tadi, saya rencananya ingin membuat konten dengan list seperti berikut :
  • TIPS CARA BELAJAR
  • BELAJAR KOMPUTER DASAR
  • BELAJAR MICROSOFT OFFICE (WORD, EXCEL, POWERPOINT)
  • BELAJAR DESAIN GRAFIS
  • BELAJAR EDITING FOTO
  • BELAJAR MIXING & MASTERING
  • BELAJAR COMPOSING
  • BELAJAR EDITING VIDEO
  • BELAJAR VISUAL EFFECTS
  • BELAJAR 3D (3D MODELING, 3DANIMATION)
  • BELAJAR MEMBUAT WEBSITE/WEB DEVELOPMENT
  • BELAJAR MEMBUAT APLIKASI ANDROID/ANDROID APPS DEVELOPMENT
  • BELAJAR MEMBUAT GAME/GAME DEVELOPMENT
  • BELAJAR MENJADI SEORANG BLOGGER
  • BELAJAR MENJADI SEORANG YOUTUBER
Banyak sekali ya hehehe, makanya saya bilang saya itu tidak expert dan ilmu cuma rata-rata saja kenapa? karena saya tidak fokus hanya belajar dalam satu bidang saja. Kalau temen-temen tahu manusia itu hanya bisa fokus maksimal dalam 3 hal saja. Temen-temen bayangin saya belajar banyak hal begitu jadi sulit untuk bisa menjadi expert dalam banyak bidang sekaligus. Makannya saya di sini ingin memberitahu temen-temen yang masih gaptek atau masih pemula yang ingin belajar komputer benar-benar dari nol, saya sarankan untuk memiliki tujuan ingin belajar komputer untuk keperluan apa nantinya. Tapi pertama-tama temen-temen wajib belajar komputer dasar nya terlebih dahulu baru setelah itu temen-temen memilih untuk memfokuskan diri kedalam bidang apa begitu. 

Tujuan Menggunakan Komputer

Ngomong-ngomong soal tujuan atau pilihan, setelah temen-temen sudah menguasai basic/dasar menggunakan komputer temen-temen bisa memilih tujuan untuk belajar apa nantinya berdasarkan keperluan temen-temen yang ingin fokus menggunakan komputer untuk keperluan apa. Kita coba bahas beberapa pilihan-pilihannya satu per satu.

BELAJAR MICROSOFT OFFICE (WORD, EXCEL, POWERPOINT)

Kalau tujuan temen-temen belajar menggunakan komputer untuk keperluan administrasi seperti di sekolah, atau untuk ngantor/bekerja di sebuah perusahaan yang ditempatkan di bagian admin atau bisa juga bagian-bagian lainnya yang mengharuskan menggunakan komputer untuk membuat laporan, atau sekedar untuk membuat surat resmi, makalah, jurnal atau menulis naskah, atau bahkan menulis buku maka temen-temen perlu untuk belajar microsoft word.

Atau mungkin tujuan temen-temen belajar komputer untuk keperluan mengolah data-data terntentu, atau untuk membuat tabel stock unit/barang,  atau membuat daftar nilai, atau juga untuk membuat sebuah lembar formulir dan sebagainya. Temen-temen perlu untuk belajar microsoft excel.

Atau bisa juga tujuan temen-temen belajar komputer agar bisa membuat sebuah presentasi yang bagus seperti orang-orang yang pernah temen-temen lihat yang melakukan presentasi di depan banyak orang menggunakan layar yang besar, maka temen-temen perlu untuk belajar yang namanya microsoft powerpoint.

BELAJAR DESAIN GRAFIS

Untuk temen-temen yang belajar komputer untuk menjadi seorang designer atau seorang illustrator temen-temen harus belajar coreldraw, adobe illustrator. Dengan software/aplikasi tersebut temen-temen bisa menggunakannya untuk membuat logo misalnya, atau membuat brosur, banner, spanduk, kemasan produk dan lain-lain.

BELAJAR EDITING FOTO

Untuk temen-temen yang ingin belajar editing foto, temen-temen bisa belajar yang namanya adobe photoshop. Kalau temen-temen yang pernah menggunakan jasa konter hp ataupun tempat fotocopy untuk membuat foto 2x3, 3x4, atau 4x6 yang gambar belakangnya diganti warna merah atau biru itu kebanyakan diedit menggunakan adobe photoshop. Software/aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengedit foto-foto pernikahan misalnya. Para youtuber juga, mereka biasa menggunakan adobe photoshop untuk membuat gambar thumbnail yang menarik untuk setiap video di channel youtubenya.

BELAJAR MIXING & MASTERING

Untuk temen-temen yang punya musikalitas tinggi dan senang dengan musik dan ingin belajar mixing & mastering. Temen-temen harus belajar menggunakan DAW (Digital  Audio Workstation). DAW itu sebutan untuk software/aplikasi yang didesain untuk merekam audio, mengeditnya, dan juga memixing & memastering sebuah file audio. Banyak jenis dari DAW yang bisa temen-temen gunakan, tapi di sini saya hanya akan sharing cara mixing & mastering menggunakan adobe audition, dan juga ableton live.

BELAJAR COMPOSING

Untuk temen-temen yang berkeinginan menjadi seorang musisi kamar atau seorang composer seperti eka gustiwana yang sebagian besar temen-temen pasti sudah tahu. Temen-temen mungkin merasa punya potensi untuk menjadi seoraang songwriter/pencipta lagu ataupun seorang arranger yang bisa membuat sebuah arasnsemen musik, temen-temen bisa membuat sebuah lagu mulai dari nol menggunakan DAW pada komputer.

Pada DAW adobe audition kita tidak bisa melakukan composing karena adobe audition hanya dikhususkan untuk merekam, mengedit, mixing dan mastering saja. DAW yang bisa melakukan composing lagu ada beberapa yang saya tahu, diantaranya seperti ableton live yang nanti akan saya gunakan untuk sharing ke temen-temen, lalu ada fl studio, lalu kalau di mac ada namanya logic pro, dan yang terakhir DAW yang digunakan oleh eka gustiwana yaitu studio one. Semua DAW sama saja fungsinya, tapi kita pilih salah satu saja mana DAW yang membuat kita nyaman saat menggunakannya.

BELAJAR EDITING VIDEO

Untuk temen-temen yang mempunyai tujuan untuk menjadi seorang editor atau film maker ataupun content creator yang kontennya berupa video seperti youtuber. Temen-temen harus belajar cara mengedit sebuah video agar videonya menjadi lebih bagus dan lebih menarik. Lagi, software/aplikasi untuk mengedit video ini juga bermacam-macam. Saya sebutkan 2 saja yang saya tahu dan biasa digunakan oleh seorang yang sudah profesional yaitu vegas pro dan adobe premiere pro. Dari namanya saja sudah mengandung kata pro ya kan. Nah, di sini saya hanya akan sharing dengan menggunakan software/aplikasi adobe premiere pro.

BELAJAR VISUAL EFFECTS

Masih seputar editing, temen-temen yang ingin membuat konten videonya menjadi lebih keren lagi temen-temen harus belajar visual effects disamping temen-temen belajar editing video juga. Temen-temen yang pernah menonton film-film action atau film-film superhero di situ temen-temen akan melihat banyak sekali penggunaan visual effects. Seperti misalnya efek ledakan, efek api, efek kekuatan misalnya listrik atau laser dan masih banyak lagi yang lainnya. Software/aplikasi vfx atau visuual effects ini juga ada bermacam-macam tapi di sini saya akan sharing ke temen-temen menggunakan adobe after effects.

BELAJAR 3D (3D MODELING, 3D ANIMATION)

Untuk temen-temen yang ingin membuat desain rumah dengan bentuk yang mendekati realistik misalnya, tidak cukup hanya didesain hanya menggunakan software/aplikasi desain 2D saja. Temen-temen harus belajar menggunakan software/aplikasi yang dibuat khusus untuk membuat 3D. Dalam membuat sebuah objek apapun termasuk desain rumah prosesnya disebut 3D Modeling dan hasilnya disebut 3D Models/Model 3D. Tidak hanya membuat rumah, temen-temen juga bisa membuat karakter manusia, bisa juga membuat seekor hewan, desain rumah, bangunan, gedung, pepohonan, sebuah tempat/wilayah temen-temen bisa membuatnya dengan software/apliksi 3D.

Setelah sebuah objek telah dibuat, temen-temen bisa membuat objek itu seolah-olah hidup dengan cara membuat objek tersebut bergerak. Proses menggerakkannya atau bisa juga disebut manganimasikannya disebut 3D Animating dan hasilnya disebut 3D Animation/Animasi 3D.

Terkait dengan editing video dan visual effects, ada yang namanya CGI. CGI (Computer Generated imagery) merupakan sebuah teknologi dalam pembuatan film singkatnya seperti itu. Langsung saja kita coba ambil contoh misalnya film-film superhero semacam avengers. Pada film Avengers: Endgame di situ ada karakter antagonis yang menjadi musuh avengers namanya thanos. Thanos itu merupakan salah satu yang menggunakan teknologi CGI. Kalau di dunia nyata tidak mungkin ada orang fisiknya yang seperti thanos. Karakter thanos tersebut sebenarnya adalah sebuah model 3D yang kemudian dianimasikan/digerakkan menggunakan alat tracking yang super canggih yang dipasang kepada seorang aktor, dan aktor tersebut hanya tinggal menggerakan tubuhnya maka karakter thanos tersebut ikut bergerak sesuai pergerakan sang aktor. Tidak hanya pergerakan tubuhnya saja yang di tracking, tapi raut mukanya juga sehingga raut muka karakter thanos tadi pun mengikuti raut muka sang aktor, canggih sekalikan temen-temen. CGI ini termasuk visual effects tapi secara khusus CGI juga disebut SFX atau special effects.

BELAJAR MEMBUAT WEBSITE/WEB DEVELOPMENT

Untuk temen-temen yang belajar komputer bertujuan untuk menjadi seorang programmer/developer, dalam hal ini programmer web/developer web. Programmer web/developer web terbagi menjadi 3 bagian. Yang pertama, untuk temen-temen yang hanya ingin mempelajari cara membuat/mendesain tampilan website saja, yang harus temen-temen pelajari adalah Front End Development, orang yang menguasai front end development biasa disebut front end developer. Pada jalur pembelajaran front end development yang akan temen-temen pelajari adalah HTML, CSS, dan bahasa pemrograman Javascript.

Yang kedua, untuk temen-temen yang hanya ingin mempelajari bagaimana cara mengelola data pada server (sebagai tempat penyimpanan data) dan juga membuat algoritma-algoritma untuk menangani proses-proses yang terjadi pada website. Yang harus temen-temen pelajari adalah Back End Development, orang yang menguasai back end development ini biasa disebut back end developer. Pada jalur pembelajaran back end development yang akan temen-temen pelajari adalah tata kelola database menggunakan SQL dan juga bahasa pemrograman PHP.

Yang ketiga, kalau temen-temen ingin mempelajari keduanya yang harus temen-temen pelajari tentunya ya kedua-duanya. Orang yang menguasai kedua-duanya tersebut bukan lagi disebut front end developer ataupun back end developer tapi biasa disebut sebagai full stack developer. Untuk contoh hasil dari desain website atau blog temen-temen bisa perhatikan pada blog ini.

BELAJAR MEMBUAT APLIKASI ANDROID/ANDROID APPS DEVELOPMENT

Untuk temen-temen yang ingin menjadi seorang programmer/developer aplikasi android, pertama-tama yang harus temen-temen pelajari adalah bahasa pemrograman java atau kotlin. Di sini saya akan sharing cara membuat aplikasi android menggunakan bahasa pemrograman java. Setelah temen-temen sudah menguasai bahasa pemrogramannya, untuk selanjutnya temen-temen juga harus belajar cara mendesain tampilan aplikasinya. Seperti layoutnya, tombol-tombolnya, warnanya, backgroundnya, dan sebagainya. Kecuali temen-temen tidak membuat aplikasi androidnya sendiri, temen-temen bisa bagi tugas dengan rekan temen-temen agar nanti siapa yang membuat desainnya dan siapa yang akan memprogramnya.

Setelah temen-temen sudah menguasai bahasa pemrogramannya dan juga cara mendesain aplikasinya, temen-temen tinggal membuat aplikasi androidnya menggunakan software/aplikasi IDE. Apa itu IDE? IDE atau singkatan dari Integrated Development Environment adalah sebutan untuk software/aplikasi yang dibuat sedemikian rupa untuk para programmer/developer agar lebih mudah dalam membuat/atau mengembangkan suatu aplikasi. IDE ada bermacam-macam seperti Netbeans, Eclipse, IntelliJ IDEA, Android Studio dan seterusnya.

Android Studio adalah software/aplikasi IDE resmi dari google, maka dari itu di sini saya nanti akan sharing ke temen-temen bagaimana cara membuat aplikasi andoid menggunakan software/aplikasi Android Studio.

BELAJAR MEMBUAT GAME/GAME DEVELOPMENT

Untuk temen-temen yang bertujuan/berkeinginan untuk menjadi game developer/pembuat game, temen-temen harus belajar bahasa pemrograman C# atau C Sharp dan juga belajar software/aplikasi Unity. Sebenarnya ada satu lagi software/aplikasi untuk membuat sebuah game yaitu Unreal Engine. Unreal Engine ini tidak menggunakan bahasa pemrograman C# tapi menggunakan bahasa pemrograman C++. Unreal Engine lebih diperuntukkan untuk membuat game 3D maka dari itu grafiknya pun lebih unggul dibandingkan dengan Unity.

Namun software/aplikasi Unity mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki oleh Unreal Engine. Pada software/aplikasi Unity kita bisa menggunakannya untuk membuat game 2D maupun game 3D. Kemudian software/aplikasi Unity juga lebih mudah dipelajari, apalagi bagi kita-kita yang masih pemula. Dalam hal grafik Unreal Engine memang lebih unggul, tapi sebenarnya perbedaannya pun tidak terpaut terlalu jauh. 

BELAJAR MENJADI SEORANG BLOGGER

Untuk temen-temen yang ingin menjadi seorang blogger, temen-temen harus tentukan niche atau isi blog temen-temen itu tentang apa. Tentunya niche nya haruslah yang temen-temen sukai atau temen-temen kuasai. Misalnya blog tentang resep masakan, tentunya temen-temen tahu betul mengenai banyak resep masakan. Kemudian setelah menentukan niche pastinya temen-temen harus mempunyai komputer baik PC ataupun Laptop. Modal untuk menjadi seorang blogger minimal temen-temen menguasai 3 skill yang pertama yaitu skill mengetik cepat menggunakan 10 jari, kedua skill menulis, ketiga skill SEO.

Konten blogger itu berupa tulisan atau artikel yang diketik menggunakan komputer. Tentunya bagi temen-temen yang belum bisa mengetik cepat menggunakan 10 jari, temen-temen akan kesulitan dalam membuat konten atau artikel.

Jadi bagi temen-temen yang belum bisa mengetik cepat menggunakan 10 jari, temen-temen harus belajar untuk mengetik cepat menggunakan 10 jari. Temen-temen bisa belajar mengetik 10 jari menggunakan situs www.typingstudy.com. Di situ temen-temen bisa membuat akun dan menyimpan progress temen-temen saat belajar sudah sampai mana, di situ pun temen-temen bisa mengubah bahasanya ke bahasa indonesia. Saya pun belajar mengetik 10 jari hingga bisa lancar dan cepat hanya menggunakan situs tersebut.

Setelah temen-temen bisa mengetik cepat menggunakan 10 jari, temen-temen harus belajar untuk menulis sebuah artikel. Setelah itu temen-temen hanya tinggal belajar SEO agar blog dan artikel temen-temen bisa berada di peringkat pertama pada mesin pencarian google.

Ketiga skill itu saja sudah cukup untuk temen-temen menjadi seorang blogger. Untuk menjadi seorang blogger, temen-temen tidak harus mengerti tentang front end development seperti HTML, CSS, dan Javascript untuk membuat tampilan blognya menjadi lebih menarik. Untuk membuat tampilan blog menjadi lebih menarik, temen-temen bisa memakai template-template gratis/template-template yang banyak dijual di internet. 

Tapi kalaupun temen-temen juga menguasai HTML, CSS, dan juga Javascript, tentu itu akan jauh lebih baik., karena temen-temen akan bisa memodifikasi tampilan blog temen-temen sesuai keinginan temen-temen sendiri dan itu akan menjadikan tampilan blog temen-temen unik dan berbeda dengan blog-blog lainnya.

BELAJAR MENJADI SEORANG YOUTUBER

Untuk temen-temen yang ingin menjadi seorang youtuber, sama halnya seperti seorang blogger pertama-tama temen-temen harus menentukan nichenya tentang apa atau isi kontennya nanti itu apa. Seperti misalnya temen-temen yang suka main game tentu temen-temen akan membuat sebuah channel youtube dengan niche gaming atau biasa disebut channel gaming.

Untuk menjadi seorang youtuber temen-temen tidak harus menggunakan komputer untuk membuat konten. Dengan hanya bermodal hp android saja temen-temen sudah bisa menjadi seorang youtuber. Karena alat yang dibutuhkan untuk menjadi seorang youtuber itu hanya 4 saja, pertama yaitu alat untuk merekam video, kedua alat untuk mengedit video, ketiga alat untuk membuat thumbnail, keempat alat untuk menguploadnya ke youtube. Dan semuanya bisa dilakukan baik dikomputer maupun di hp android.

Setelah alatnya sudah tersedia, tentunya temen-temen harus menguasai skill untuk menggunakan alat tersebut. Seperti skill merekam yang baik, skill mengedit video/editing video, skill membuat thumbnail yang menarik, ditambah skill SEO agar videonya bisa ditemukan oleh banyak orang sehingga yang menontonnya pun/viewnya pun banyak.

Untuk temen-temen yang menggunakan komputer, untuk mempunyai skill mengedit video tentunya temen-temen harus belajar menggunakan software/aplikasi editing video seperti adobe premiere pro atau software/aplikasi sejenis. Kemudian untuk bisa membuat thumbnail yang menarik temen-temen harus belajar software/aplikasi editing foto/gambar seperti adobe photoshop atau software/aplikasi sejenis. Begitupun dengan cara merekam yang baik dan SEO, temen-temen juga harus mempelajarinya.

Untuk temen-temen yang menggunakan android, temen-temen bisa mengedit video menggunakan aplikasi kinemaster misalnya atau power director atau aplikasi-aplikasi sejenis. Dan untuk membuat thumbnail temen-temen bisa memakai aplikasi picsart atau aplikasi pembuat thumbnail yang sudah banyak di playstore. Begitupun untuk merekam video temen-temen bisa memakai aplikasi bawaan atau kalau ingin lebih bagus banyak aplikasi-aplikasi perekam video yang tersedia di playstore, temen-temen tinggal download saja.

KESIMPULAN

Demikianlah intro sebelum kita mulai memasuki isi pembahasan Pengenalan Komputer. Banyak sekali ya hahaha, tapi ya tidak apa-apa memang sengaja saya tulis di sini mengenai konten apa saja yang nanti akan saya buat. Jadi kesimpulannya temen-temen yang pemula setelah nanti selesai belajar tentang komputer dasar, temen-temen tidak harus mempelajari semuanya, pilih saja salah satu yang dibutuhkan atau yang diinginkan oleh temen-temen dan memang itu merupakan passion temen-temen seperti itu.

Ok untuk selanjutnya kita akan mulai masuk ke isi pembahasan Pengenalan Komputer dan kita akan belajar mengenai apa itu teknologi?, silahkan klik Next di bawah untuk melanjutkan.
Artikel Terkait
Show comments
Hide comments

Tidak ada komentar:

√ Centang kotak Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar
√ Jika ingin menulis kode maka harus di-parse terlebih dahulu terutama untuk HTML dan Javascript (agar kode-kode semacam < akan berubah menjadi enitiy &lt;)
√ Tulis kode yang pendek di dalam tag <i>
Contoh:
<i>&lt;div class=&#039;comment-form&#039;&gt;&lt;/div&gt;</i>Hasil: <div class='comment-form'></div>
√ Tulis kode yang panjang atau URL di dalam tag <em>
Contoh:
<em>
&lt;div class=&#039;comment-form&#039;&gt;
&lt;div class=&#039;commentbox&#039;&gt;
&lt;/div&gt;
&lt;/div&gt;
</em>
Hasil:
<div class='comment-form'>
<div class='commentbox'>
</div>
</div>