√ TIPS CARA BELAJAR #02 - Cara Berpikir Terstruktur

Ilustrasi Otak Manusia untuk Berpikir dengan Pola Terstruktur


Cara Berpikir Terstruktur - Pada artikel tips cara belajar part ke-2 ini saya ingin mengajak temen-temen untuk bisa berpikir secara terstruktur. Nah temen-temen yang belum tahu pasti bertanya-tanya, apa itu berpikir secara terstruktur? bagaimana caranya? seperti apa contohnya? emang apa gunanya? emang perlu ya? apa hubungannya dengan belajar komputer? dan seterusnya dan seterusnya. Di sini saya akan share kepada temen-temen semuanya, ok kita lanjut.

Apa itu berpikir secara terstruktur? 

Kita lihat ada 2 kata yaitu berpikir dan terstruktur. Mulai dari kata berpikir, temen-temen pasti sudah tahu apa maksudnya, berpikir artinya ya berpikir atau berfikir dengan otak kita. Kemudian terstruktur, kita ambil perumpamaan sebuah struktur rumah, struktur rumah itu pertama ada pondasi, kemudian lantai, terus ada dinding, dan sampai ke atas ada atap.

Jadi terstruktur itu ada bagian-bagiannya dan berurutan atau tidak acak, tidak mungkin kan ada rumah kebalik bawahnya atap dulu terus lantai terus dinding terus paling atas pondasi itu namanya tidak terstruktur alias acak-acakan :v hahaha...

Bagaimana caranya?

Jadi cara berpikir terstruktur itu harus step by step atau satu per satu atau langkah demi langkah, dan harus berurutan dari awal sampai akhir, dari 1 ke 2 ke 3 ke 4 dst. Untuk lebih jelasnya kita lihat contohnya.

Seperti apa contohnya?

Contohnya seperti ini misal kita ingin masuk ke dalam rumah, step-stepnya atau langkah-langkahnya bagaimana? misalnya kita baru pulang dari suatu tempat dan saat itu rumah dalam keadaan terkunci.

Nah untuk masuk ke rumah yang harus dilakukan adalah :
  1. pertama kita lepas sandal/sepatu dahulu
  2. kedua kita ambil kunci pintunya dari saku, dompet, atau tas
  3. ketiga kita buka dengan kunci lalu cabut kembali kuncinya
  4. keempat kita buka pintunya dan kita masuk kedalam rumah
  5. kelima kita tutup kembali pintunya, dengan begitu kita sudah berada di dalam rumah atau sudah masuk ke dalam rumah.

Emang apa gunanya?

Gunanya kita akan lebih mudah memahami sesuatu dengan berpikir secara terstruktur, lebih teratur, lebih rapih, lebih terperinci, lebih detail, tidak loncat-loncat sehingga ada yang terlewatkan dll.

Emang perlu ya?

Menurut saya sih perlu banget tapi tidak tahu juga sih kalau menurut temen-temen. Ya sebenarnya bisa saja belajar komputer atau belajar apapun tanpa berpikir secara terstruktur, tapi ya coba temen-temen rasakan saja perbedaannya.

Apa hubungannya dengan belajar komputer?

Pada dasarnya cara kerja komputer itu terstruktur, step by step, berurutan, tidak random. Jadi berpikir secara terstruktur itu sama halnya kita berpikir sesuai dengan cara kerja komputer itu sendiri.

Kesimpulan

Kesimpulannya Cara Berpikir Terstruktur adalah berpikir secara step by step, langkah demi langkah dan berurutan atau teratur, tapi kita juga jangan sampai terlalu terpaku dengan cara berpikir terstruktur ini sehingga kita kehilangan kreatifitas dan kemampuan imajinatif kita. Karena kadang untuk kita juga perlu berpikir kreatif dan imajinatif, tidak harus terstruktur, pakem, baku, atau kaku. Tergantung kebutuhan, keadaan, atau keperluan saja kita belajar dengan cara berpikir terstruktur gitu temen-temen.

Untuk selanjutnya kita mulai masuk ke meteri tentang belajar komputer dasar, tapi kita akan mulai dari intro terlebih dahulu atau kita belajar gambaran besarnya dahulu sebelum benar-benar masuk ke isi pembahasan. Silahkan klik Next di bawah.
Artikel Terkait
Show comments
Hide comments

Tidak ada komentar:

√ Centang kotak Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar
√ Jika ingin menulis kode maka harus di-parse terlebih dahulu terutama untuk HTML dan Javascript (agar kode-kode semacam < akan berubah menjadi enitiy &lt;)
√ Tulis kode yang pendek di dalam tag <i>
Contoh:
<i>&lt;div class=&#039;comment-form&#039;&gt;&lt;/div&gt;</i>Hasil: <div class='comment-form'></div>
√ Tulis kode yang panjang atau URL di dalam tag <em>
Contoh:
<em>
&lt;div class=&#039;comment-form&#039;&gt;
&lt;div class=&#039;commentbox&#039;&gt;
&lt;/div&gt;
&lt;/div&gt;
</em>
Hasil:
<div class='comment-form'>
<div class='commentbox'>
</div>
</div>